TMCD

Sejaran Perkembangan Bangsa Indonesia

Perjuangan bangsa Indonesia bertahap dari masa kuno sampai masa kemerdekaan. Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara runut dari awal bangsa penjajah datang sampai memasuki orde lama.

Kedatangan Penjajah

Masa2 penjajahan portugis pun berakhir di tahun 1602 sesudah Negara Belanda masuk kedalam Negara Indonesia. Negara Belanda masuk ke dlm Negara Indonesia ini melewati wilayah Banten yang di pimpin oleh pimpinan Belanda yang terkenal dengan nama Cornelius de Houtman

sejarah bangsa indonesia

Masa Perlawanan Rakyat

Menurut Surjomiharjdjo tahun 1989 perjuangan bangsa untuk mencapai kemerdekaan di Negara-negara asia yang pernah merasakan prosess penjajahan, pada umumnya mencapai puncak pada pertengahan abad ke 20 yakin melalui proses dekolonisasi antara thnĀ  1945-1955 negara yg merdeka dalam periode tersebut selain Indonesia adalah srilangka dan libanon (22 november 1943), pilipina (4 juli 1946), yordania (22 Maret 1946), Pakistan (15 agustus 1947), miyanmar atau burma (4 januari 1948), Vietnam(20 juli 1954) & srilangka (4 febuari 1948).

Masa Perundingan

Bahkan pada zaman ini, bangsa indonesia mengalami penderitaan dan penindasan yang sampai kepada intinya. Kemerdekaan tanah air dan bangsa indonesia yang didambakan tidak pernah menunjukkan tanda-tanda kedatangannya, bahkan terasa semakin menjauh, bersamaan dengan semakin mengganasnya pasukan jepang. Sejarah berjalan terus, di mana perang pasifik menunjukkan tanda-tanda akan berakhirnya dengan kekalahan jepang di mana-mana. Untuk mendapatkan bantuan dari rakyat indonesia, jepang berusaha menipu hati bangsa indonesia dengan mengumumkan janji kemerdekaan di kemudian hari apabila perang telah selesai.

Proklamasi Kemerdekaan

Selanjutnya adalah perumusan perancangan negara dengan dimulainya masa perundigan serta persiapan, dimulai dengan pembentukan panitia persiapan pembentukan dasar negara yang tertuang dalam isi piagam jakarta dilanjutkan dengan terbentuknya dasar negara dan UUD 1945. Hingga dilangsungkannya proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945.

Masa Orde Lama

Berdasarkan kenyataan tersebut di atas gerakan Reformasi bergerak untuk mengembalikan kedudukan & fungsi Pancasila yaitu sebagai dasar Negara Republik Indonesia, yg hal ini direalisasikan melalui Ketetapan SI MPR tahun 1998 No. XXVIII/MPR/1998 disertai dengan pencabutan P-4 dan sekaligus juga Pencabutan Pancasila sebagai salah satunya asas bagi Orsospol di Indonesia. Ketetapan tersebut sekaligus juga mencabut mandate MPR yang diberikan kepada Presiden atas kewenangannya untuk membiasakan Pancasila melalui P-4 dan asas tunggal Pancasila. Monopoli pancasila demi kepentingan kekuasaan oleh penguasa inilah yang harus di akhiri.

Demikianlah sedikit gambaran sejarah kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia. Jika masih penasaran, Anda bisa buka link berita sebuah situs yang membahas artikel menarik lainnya tentang ke-indonesia-an lainnya

Scroll To Top