TMCD

3 Jenis Usaha yang Dijalankan Malam Hari dan Keuntungannya

Usaha yang Dijalankan Malam Hari
Usaha yang Dijalankan Malam Hari

Yang namanya usaha atau bisnis tentu sangat bermacam-macam jenisnya, bidangnya dan juga waktunya. Mungkin Anda lebih menyukai bisnis bidang kuliner, otomotif, jasa, fashion dan lain sebagainya. Nah, kali ini yang akan kami bahas adalah soal usaha yang biasa dijalankan pada waktu tertentu, yakni malam hari.

Ya, sebuah bisnis atau usaha mungkin kebanayakan beroperasi pada pagi, siang sampai sore hari bahkan malam. Namun tentu ada banyak usaha yang hanya dijalankan pada malam hari saja, atau setidaknya dimulai pada sore hari menjelang malam. Bisnis semacam ini dianggap memiliki kelebihan dan keuntungan yang bisa didapat.

Berikut ini adalah beberapa usaha yang hanya dijalankan pada malam hari. Menjadi referensi bagi Anda yang memang berminat menjalankan usaha pada waktu tertentu saja:

1. Kuliner kaki lima

Meski kehadiran pedagang kaki lima terkadang mengganggu, namun Anda tidak bisa meremehkan bisnis ini. Banyak pengusaha kuliner kaki lima yang sudah cukup sukses. Dengan memanfaatkan lahan kosong pada malam hari, kuliner kaki lima banyak berjejeran disepanjang jalan perkotaan.

Sebagai contohnya adalah pedagang sate, pecel lele, warung rames, angkringan, kebab, martabak sampai kuliner-kuliner lain yang bermacam-macam. Kelebihan usaha semacam ini adalah tidak adanya biaya sewa tempat dan cukup terlihat jelas karena sering ditempatkan pada area strategis.

2. Usaha Café

Usaha café mungkin sedikit lebih bebas, bisa dari pagi, siang sampai malam hari. Namun jika Anda memperhatikan, ternyata ada banyak café-café yang justru hanya buka pada malam hari. Ya, jadi café tersebut biasanya adalah spesialis untuk tempat nongkrong dan sering juga mengadakan acara khusus seperti acara musik atau nobar sepakbola.

3. Sewa sepeda hias

Pernahkah Anda mengunjungi alun-alun selatan kota Yogyakarta? Disana pada malam hari penuh sesak dan ramai dikunjungi masyarakat. Ada banyak pedagang dan yang cukup mencolok adalah ada banyak sepeda dan kereta dengan kelap-kelip lampu yang ternyata di sewakan untuk pengunjung. Ya, salah satu usaha yang cukup menguntungkan dan hanya cocok dijalankan pada malam hari.

Selain ketiga contoh diatas, masih cukup banyak usaha yang hanya dijalankan malam hari. Lalu apa kelebihan menjalankan usaha yang hanya dijalankan pada malam hari itu? Tentu ada banyak, berikut ulasannya:

Lihat juga: 7 Usaha Kecil dan Mudah yang Cocok Dilakukan Lansia

Kelebihan Menjalankan Usaha Malam Hari

1. Waktu yang singkat

Pada malam hari tingkat keramaian biasanya hanya berlangsung selama sekitar 3-4 jam. Mungkin dari jam 6 hingga jam 10 malam, selebihnya tentu sudah sepi, terkecuali pada hari tertentu. Jadi, kebanyakan pelaku usaha malam hari hanya bekerja dengan waktu yang singkat sekitar 4 sampai 5 jam saja. Padahal waktu normal orang bekerja adalah sampai 8 jam. Ada banyak pelaku usaha yang hanya membutuhkan waktu singkat namun sudah memperoleh keuntungan maksimal.

2. Cuaca tidak panas

Melakukan pekerjaan diluar ruangan pada malam hari, sudah tentu tantangannya adalah suhu yang panas. Berbeda bila Anda menjalankan usaha pada malam hari, lebih nyaman tanpa merasa kepanasan. Efeknya adalah pada malam hari Anda tidak cepat lelah bekerja, jika dibandingkan bekerja pada siang hari.

3. Bisa bekerja pada siang hari (sebagai sampingan)

Mungkin Anda memiliki pekerjaan utama disiang hari di kantor, di perusahaan atau pekerjaan lain. Nah, jika memang demikian, karena Anda hanya bekerja pagi sampai siang hari tentu akan memiliki banyak waktu pada malam hari. Anda bisa menjadikan usaha di malam hari sebagai usaha sampingan, menambah pundi-pundi rupiah. Yang pasti Anda harus bisa mengatur waktu sebaik-baiknya, jangan sampai pekerjaan sampingan Anda mengganggu pekerjaan utama.

4. Tidak terpengaruh bulan puasa

Jika Anda berdagang kuliner yang biasanya pada pagi atau siang hari pastinya harus berhenti atau akan lebih sulit ketika memasuki masa bulan puasa. Sebaliknya bila Anda memang sudah terbiasa berdagang kuliner pada malam hari, bulan puasa tidak akan mempengaruhi bahkan omset bisa semakin banyak karena orang hanya makan pada malam hari.

Jadi apakah Anda berminat menjalankan usaha malam hari? Resikonya mungkin adalah ‘dunia terbalik’, maksudnya Anda akan lebih banyak tidur disiang hari.

Scroll To Top