TMCD

7 Usaha Kecil dan Mudah Yang Cocok Dilakukan Lansia

Jangan merasa terlalu tua untuk berbisnis, karena siapa pun dalam usia berapa pun dapat menjalankan kegiatan produktif seperti menjalankan usaha. Jadi bila Anda sudah memasuki usia 50 tahun keatas dan telah pensiun dari pekerjaan utama, apakah Anda hanya akan tidur, makan, menonton TV dan menunggu akhir pekan saat anak cucu datang berkunjung?

Mengapa tidak di usia yang sudah lanjut Anda juga memiliki kegiatan produktif. Tidak perlu yang berat-berat, tidak perlu yang memusingkan, cukup lakukan sebuah bisnis yang mudah, dapat dilakukan di rumah dan tidak terlalu menjadi beban pikiran. Mengapa? Sudah barang tentu di masa tua kita memiliki stamina yang kurang bugar lagi seperti saat mudah, belum lagi masalah kepikunan, tuli dan penglihatan yang tidak bagus lagi.

Nah, berikut ini adalah beberapa usaha ringan yang sangat cocok dilakukan orang-orang lansia:

1. Membuka Warung

Salah satu usaha yang sebenarnya cukup ringan dan cocok dilakukan lansia. Mungkin dilingkungan sekitar Anda banyak mendapati orang lansia yang telah pensiun dan akhirnya menjalankan usaha warung untuk kesibukan sehari-hari. Usaha ini bisa dilakukan di rumah saja, bahkan Anda tidak harus memiliki lokasi di pinggir jalan raya.

Warung pun cocok dibuka di gang-gang perumahan maupun daerah pedesaan. Modal tentu relatif tidak terlalu banyak dan aktivitasnya hanya menunggu pembeli sembari menonton TV maupun melakukan pekerjaan rumah tangga lain di rumah.

2. Beternak Unggas

Selain usaha ringan membuka warung, sepertinya beternak unggas menjadi pilihan bagus untuk kegiatan para lansia. Khususnya bagi yang memiliki rumah dengan halaman belakang cukup lega karena beternak juga mengharuskan adanya lahan mencukupi untuk kandang.

Kegiatan usaha ini tidak terlalu memberatkan bagi lansia. Paling yang cukup berat adalah saat membuat kandang dan membersihkan kotoran. Selebihnya Anda tinggal memberi pakan setiap hari dan menunggu sampai unggas layak jual.

3. Berkebun

Berkebun menjadi salah satu kegiatan usaha ketiga yang cocok bagi lansia. Berkebun sayur-mayur, buah-buahan maupun tanaman lain, bukankah cukup ringan dilakukan selama Anda tidak mengerjakan kebun yang sangat luas sendirian.

Hasil perkebunan pada akhirnya tidak akan pernah sepi pembeli, karena selamanya manusia membutuhkan bahan pangan dari alam. Cocok dilakukan di pedesaan apalagi bila kebunnya berada di samping rumah Anda.

4. Menjahit

Bisnis menjahit dalam hal ini sebaiknya jangan dilakukan dalam skala besar. Karena sebenarnya pekerjaan ini juga cukup melelahkan dan menyita pikiran bila cukup banyak order. Jadi sekedar membuka usaha menjahit kecil-kecilan sepertinya tidak akan memberatkan lansia.

Usaha ini bisa dilakukan dirumah, dengan satu atau dua mesin saja Anda sudah dapat meraup rupiah sembari menghabiskan hari.

5. Usaha Les atau Pengajar

Di khususkan bagi pensiunan guru, mungkin Anda sudah tidak terlibat dalam aktivitas di sekolah. Namun bukan berarti Anda sudah tidak terlibat dalam aktivitas belajar mengajar. Ya, meskipun sudah lansia Anda tetap bisa mengajar seperti dahulu dengan membuka usaha les privat atau pengajar anak-anak dilingkungan rumah.

Usaha yang ringan karena sebelumnya Anda sudah sangat menguasai bidang ini. Cukup persiapkan ruang tamu, beberapa meja kursi dan papan tulis. Penghasilan usaha ini bisa saja lebih besar ketimbang pengajar honorer produktif di sekolah.

6. Kost dan Kontrakan

Dulunya mungkin Anda seorang pengusaha atau karyawan di perusahaan besar dan telah memiliki rumah luas yang berada di area strategis. Nah, manfaatkanlah sebagai tempat kost atau di kontrakan.

Jadi lahan yang Anda miliki dapat dimaksimalkan untuk menambah pundi-pundi rupiah di hari tua saat sudah tidak aktif lagi bekerja. Usaha properti semacam ini memang lazim dilakukan lansia karena yang dilakukan hanyalah menyediakan tempat dan menerima uang setiap bulannya atau setiap tahunnya.

7. Bisnis Makanan Ringan

Usaha pengolahan makanan ringan cukup menjanjikan asalkan Anda berani memberikan jaminan rasa dan kualitas. Mungkin cocok bagi Anda yang memang suka bidang kuliner. Pengolahan tentu dapat dilakukan di rumah, dan tinggal menunggu distributor datang untuk mengambilnya.

Beberapa diatas adalah beberapa contoh usaha ringan yang cocok dijalankan lansia. Bisa menjadi referensi bagi Anda yang mungkin akan memasuki masa pensiun atau bagi orang tua kita yang sudah tidak aktif bekerja tetapi masih ingin terlibat dalam kegiatan produktif.

Scroll To Top